Wednesday, April 04, 2012

Mitos-Mitos Seputar Diet


Mengontrol berat badan hampir sama dengan perhitungan matematika, untuk mengurangi berat badan harus membakar asupan kalori yang masuk dalam tubuh, bukan dengan diet yang asal-asalan yang banyak dilakukan orang dewasa ini.

Menurut Melinda Hemmelgarn, ahli gizi dari Universitas Missouri Colombia, Missouri, sekitar 55% warga Amerika kini menderita kegemukan atau obesitas dibandingkan sekitar 33% pada 1980-an. Statistik lain yang mengkuatirkan adalah meledaknya obesitas pada anak-anak mencapai 100% dbandingkan pada awal 1980-an dan akhir 1990-an.

Jadi mengapa fakta ini menakutkan? Bukankah kita makin berumur maka berat badan akan makin bertambah? Ini benar, tapi banyak di antara kita yang salah persepsi soal bagaimana menjaga kesehatan, terutama saat tiba waktunya untuk berdiet. Di bawah ini akan mengupas habis apakah mitos berikut benar atau salah untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi lemak dalam diet Anda akan membantu mengurangi berat badan

Salah. Pasti, santapan seperti padi-padian, buah-buahan, susu skim dan sayur-mayur, yang tersedia dalam jumlah banyak dan relatif rendah kalorinya mungkin dapat mengurangi berat badan. Tetapi banyak makan makanan yang diproses bebas lemak dan rendah lemak seperti kue dan dessert yang dibekukan sebetulnya mengandung kalori tinggi. Anda dapat menambah berat badan jika Anda mengkonsumsi makanan rendah lemak, kaya karbohidrat seperti pasta dan roti dalam jumlah besar. Selalu pertimbangkan ukuran porsi dan jumlah kalori, karena hal ini juga berpengaruh.

Olahraga 2-3 kali seminggu selama 30 menit akan membuat berat badan Anda turun

Salah. Sedikit berolahraga itu memang lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali. Saya tidak mengatakan olahraga itu sama sekali tidak berguna, hal itu dapat membakar kalori dan benar-benar bisa mengurangi atau menjaga berat badan. Tetapi walaupun olah raga secara moderat itu bisa menyehatkan badan, efek untuk menurunkan berat badan tergantung bagaimana Anda berlatih.

Contohnya: Jika Anda berjalan sekitar 3 mil perjam yang bisa Anda tempuh dalam 30 menit, 4 kali seminggu, Anda akan berjalan total 6 mil per minggu. Jika tiap mil akan membakar 600 kalori, maka selama seminggu itu Anda bisa membakar 600 kalori. 600 kalori itu hanya kurang dari mengurangi kurang dari seperempat pound berat badan Anda -tergantung dari cara Anda menjaga makanan. Bila Anda makan sedikit lebih banyak, maka tentunya berat badan Anda tidak mungkin berkurang. Jika Anda ingin olah raga sebagai strategi utama untuk mengurangi berat badan, Anda butuh melakukan lebih banyak daripada sekarang. Yang paling baik adalah kombinasi olahraga dengan diet rendah kalori.

Berjalan adalah cara terbaik untuk mengurangi berat badan

Benar. Seperti aktifitas fisik lain, berjalan bisa membakar kalori dan membantu mengurangi berat badan. Sangat baik jika Anda melakukan jalan cepat, bukan jalan pelan-pelan. Makin lama Anda berjalan akan makin banyak Anda membakar kalori.

Lakukan sekitar 10.000 langkah perhari (sekitar 5 mil). Jika tiap mil bisa membakar sekitar 100 kalori, maka Anda akan membakar lebih dari 500 kalori melalui jalan sendiri ini. Lakukan ini tiap hari dan Anda akan membakar lebih dari 3.500 kalori atau 1 pound per minggu.

Tambahan Protein akan memacu pertumbuhan otot

Salah. Protein memang punya peran penting dalam tubuh--membangun dan mengelola otototot, membuat sel darang, hormon-hormon sintesis dan enzim-enzim serta memperkuat sistem sel imunisasi. Namun, jumlah yang berlebihan bisa menumpuk menjadi lemak, sama seperti karbohidrat yang terlalu banyak bisa disimpan menjadi lemak.

Aturan umum: Berapapun kalori yang mengandung nutrient bisa disimpan menjadi lemak bila dikonsumsi terlalu banyak. Tapi jalan terbaik untuk membangun otot adalah melakukan olahraga ketat ditambah memakan kalori tambahan melalui kalori dari protein.

Saya bisa makan telur lagi tanpa menjadi gemuk

Benar Telur itu bagus buat Anda. Penelitian menunjukkan kebanyakan risiko orang berdiet yang menyebabkan penyakit hati adalah lemak jenuh dan telur mengandung lemak jenuh rendah. Telur juga mengandung kalori relatif rendah (sekitar 75 kalori jika direbus dan 110 kalori jika digoreng dengan 1 sendok minyak atau mentega). Telur juga mengandung nutrient-nutrient penting dan antioksidan.

American Heart Association saat ini telah mengubah rekomendasinya bahwa sebutir telur per hari sudah cukup baik. Kuncinya saat ini adalah mengganti telur dengan buah-buahan dan roti dan menggunakan minyak non kolesterol atau mentega rendah lemak untuk memasak telur.

Obat-obat diet adalah jalan terbaik untuk mengurangi berat badan

Salah. Obat-obat diet yang aman adalah yang sudah disetujui Food and Drug Administration (FDA) untuk orang-orang yang mempunyai kelebihan berat badan signifikan--yakni mereka yang kelebihan berat badan 30% diatas berat badan normal atau bagi orang yang mempunyai penyakit akibat obesitas seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes.

Obat-obat obesitas seperti Meridia (bekerja pada kimiawi otak untuk mengontrol makanan), dan Xenical (yang menghalangi lemak diserap tubuh) hanya boleh digunakan terkait untuk mengubah pola makan dan gaya hidup. Obesitas adalah penyakit kronik dan tidak bisa diubah dengan terapi dalam jangka pendek.

Suplemen vitamin dibutuhkan untuk mengurangi berat badan

Salah. Suplemen tidak bisa membuat keajaiban, juga tidak bisa menetralkan dampak dari banyaknya lemak. Jangan tergantung pada supleman sebagai jalan pintas pemenuhan gizi. Anda bisa mendapatkan jumlah vitamin yang sama dari menyantap buah-buahan dan sayurmayur (yang juga penuh serat, antioksidan dan nutrient lain yang tidak Anda dapatkan dari pil suplemen). Bagaimanapun, jika Anda makan kurang dari 1.500 kalori per hari, Anda harus mengambil tambahan suatu multivitamin-mineral.

Saya bisa makan makanan berlemak ketika diet

Benar. Sepertinya hal ini lebih banyak permainan psikologi daripada psiologi. Jika Anda mengenyahkan semua makanan favorit Anda, kemudian mereka akan menjadi makanan terlarang. Sebagai ganti sepenuhnya menyangkal diri sendiri, Anda harus melatih diri Anda untuk makan makanan itu dengan tidak berlebihan. Sejak Anda mengetahui fakta dan mitos, bagaimana Anda mulai mengubah kebiasaan pola makan?

Mengadopsi gaya hidup lebih baik

Pertama singkirkan semua junk food di tempat Anda dan gantilah mereka dengan snack yang lebih bergizi seperti buah-buahan, sayur-mayur dan kacang-kacangan. Kemudian pastikan untuk meningkatkan aktivitas Anda tiap hari. Sebagai contoh, Anda dapat memarkir mobil Anda diujung dan berjalan ekstra ratus meter ke pintu masuk mall. Atau naik tangga sebagai ganti eskalator itu. Langkah-Langkah kecil seperti ini akan menambah pengurangan berat badan Anda.

Berhentilah merokok, berjudi, pesta minum minuman keras, dan perilaku lain yang menyebabkan kecanduan. Kemudian mulai merencanakan makanan selama seminggu dan taatilah itu. Termasuk berhati-hatilah makan makanan favorit Anda seperti daging sapi dan pasta, jangan sampai porsinya berlebihan.

Dan akhirnya, minum air dalam jumlah banyak perhari. Hal ini membantu mengatur metabolisme Anda dan memperkuat sistem kekebalan Anda, sebagai tambahan memuaskan selera Anda. Saat Anda minum lebih banyak air, Anda bisa mengurangi sedikit rasa lapar.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas SolusiHidup