Saturday, March 10, 2012

Bagaimana Meng-Compress Video dengan Windows Movie Maker

Tidak perlu mencari sebuah aplikasi pihak ketiga untuk mengkompress atau memperkecil kapasitas memori sebuah file video karena windows sendiri sudah menyediakan aplikasi untuk itu. Aplikasi tersebut Yaitu Windows Movie Maker, yang otomatis sudah ada pada windows XP maupun Windows Vista. Jika karena alasan tertentu pada komputer anda belum disertakan Windows Movie Maker, anda bisa men-downlodnya di official website Microsoft.
Berikut langkah-langakah dalam mengkompress video :
Pertama, buka Windows Movie Maker. Dan Klik Import Video seperti gambar berikut:
Selanjutnya pilih video yang akan di compress dan langsung di import ke Windows Movie Maker. Kemudian  “Drag timeline” dari file video tersebut sesuai dengan keinginan anda.
Disini anda juga bisa menambahkan sesuatu seperti efek video, suara atau gambar, dan setelah itu, kemudian lanjutkan dengan klik menu File dan pilih Save Movie File.
Dan Pilih tempat dimana anda ingin menyimpan file hasil compressannya.
Ketika masuk pada pilihan Movie Setting, pilih Other Settings dan pilih Video for broadband (340 Kbps). Untuk pilihan ini, tentukan sesuai dengan kondisi kecepatan akses internet. Semakin kecil ukuran Kbps, maka semakin kecil juga hasil compress-an file yang akan tersimpan, tetapi tentunya akan mengurasi kualitas dari video tersebut.
Klik tombol Next untuk memulai mengcompress file video. dan  Tunggu beberapa saat sampai proses compress file selesai.
Hasilnya, ukuran file video menjadi lebih kecil daripada sebelumnya.

Reactions:

1 comments:

  1. Itu softwarenya cuma windows movie maker aja gan... gak pake yang lain gan allnya banyak juga sich software kompressan untuk video
    makasi salam kenal dari member Talk Fusion

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas SolusiHidup