Monday, March 12, 2012

Temukan 6 Tips Mengamankan komputer Anda

Berbicara masalah keamanan komputer, mungkin merupakan sesuatu yang paling sering dibahas dalam berbagai situs-situs di internet. Namun menurut pengalaman aku ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar komputer kita nggak terjangkit sebuah virus. Dan Otomatis jika berbicara masalah kemanan komputer maka kita tidak jauh-jauh dari kata “virus”.

Berikut ada  6 tips menjaga keamanan komputer menurut pengalaman saya:

1. Gunakan AntiVirus
Tentu saja ini adalah hal yang sangat penting. Anti virus ibaratnya seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus yang akan menyerang. Namun jika tidak punya uang untuk membeli anti virus yang bagus,  jangan kamu gunakan antivirus bajakan, gunakan anti virus gratis saja, banyak kok dan tentunyatTidak kalah hebat dalam membasmi virus.

2. Update Semuanya
Jangan lupa agar selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Tidak hanya anti virus saja yang diupdate. Tapi semuanya juga, baik itu Operating Systemnya, Software, maupun driver. Karena seperti manusia juga, tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Dan untuk menutupi kekurangan itu kita harus selalu update.
3. Berhati-hatilah saat browsing
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno, mp3 ilegal, software bajakan. Sehingga kalau tidak mau terkena virus, jangan kesana. Berhati-hatilah karena biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti akan memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Sering-seringlah scan file yang di download
Apapun file yang anda download meskipun itu berasal dari situs yang terpercaya seperti blog ini, iItu harus tetap diSCAN.  Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas virus. Atau ketika mendapatkan script gratis apa kamu yakin script itu benar-benar aman.Karena mencegah itu masih selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati membuka email
Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Terutama jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Apalagi dikirim oleh orang asing, bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer.

6. Sering-seringlah mencari Artikel tentang keamanan komputer
Dengan artikel yang banyak, tentunya akan semakin menambah pengetahuan tentang keamanan computer, dengan begitu, mudah-mudahan tidak ada lagi celah untuk virus menjangkit computer kamu.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca semua.

1 comments:

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas SolusiHidup