Monday, March 12, 2012

Kenali Tanda Penyakit Dari Telapak Tangan Anda

Telapak tangan merupakan bagian saraf paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang berlaku pada tubuh manusia akan terlihat pada tangan. Makanya telapak tangan dapat menunjukkan suatu penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Melalui telapak tangan, kita bisa mendeteksi lebih awal penyakit serta kelainan yang mungkin terjadi dalam tubuh, sebelum memeriksa ke dokter. Namun, untuk lebih memastikan penyakit atau kelainan tersebut dapat dikonfirmasikan ke dokter agar memberi pengobatan lebih lanjut.

Pada telapak tangan manusia terdapat ribuan rahasia kesehatan. Analis telapak tangan telah lama digunakan oleh bangsa Yunani. Itulah sehingga analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang berprofesi di bidang pengobatan.

Bagian telapak tangan yang bisa menunjukkan suatu penyakit dalam tubuh manusia yaitu telapak tangan bagian atas, bagian belakang, jari tangan, ruas-ruas jari bagian atas serta kuku. Berikut tanda-tandanya :

1.    Penyakit jantung
Penemuan terbaru menunjukkan osteoarthritis dalam jari dapat dijadikan petunjuk peringatan awal bagi pria bahwa mereka mempunyai penyakit jantung. Para ilmuwan dari Finlandia meneliti 8000 orang dengan melihat ujung jari kelingking yang bengkok ke dalam,dan ditemukan 46 persen pria lebih beresiko meninggal di usia muda akibat serangan jantung dibanding pria tanpa osteoarthritis.

Alasan hubungan ini belum jelas tetapi para ahli mengira hal ini akibat tingkat lemak yang tinggi dalam darah yang dapat menutupi arteri atau dapat juga osteoarthritis menujukan rendahnya tingkat hormon seks pria, testoteron, yang melindungi pria terhadap penyakit jantung. Para ahli mengatakan satu alasan bahwa jari memberikan petunjuk bernilai bagi kesehatan karena gen yang mengontrol perkembangan juga mengontrol testis pada pria dan sel telur pada wanita.

2.    Kanker payudara
Wanita dapat diketahui beresiko memiliki kanker payudara di usia muda yaitu dengan membandingkan kesamaan kedua jarinya. Jika telunjuk lebih panjang dari jari manis, ini artinya mereka lebih memilki tingkat ostrogen yang lebih tinggi, suatu hormon yang membantu pertumbuhan kanker.

3.    Autisme
Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2001 menunjukan anak autistic memiliki jari manis yang sangat panjang, menunjukkan mereka memiliki jumlah testosteron yang tidak biasa dalam rahimnya yang mengakibatkan bentuk perilaku pria yang sangat berlebihan seperti kesulitan komunikasi dan kurang kesadaran terhadap kondisi emosional orang lain.

4.    Masalah paru-paru
Ketika dokter melihat gejala masalah pernapasan, mereka seringkali memeriksa kuku tangan. Itu karena warna kulit dibawah kuku berubah menjadi corak biru ketika terjadi komplikasi pernapasan. Darah yang mengandung oksigen memiliki warna merah terang tetapi darah yang kehilangan oksigen berwarna merah gelap. Ini salah satu gejala yang muncul pada bayi yang mengidap bronchitis akut.

5.    Kemampuan olahraga
Prof. Manning, peneliti dari Universitas Liverpool, tengah memeriksa teori dimana jumlah testosteron yang tinggi pada pemain sepak bola memberikan mereka keuntungan fisik bagi timnya. Dan ia telah menemukan beberapa pemain terbaik memiliki jari manis yang panjang.

6.    Stres.
Dalam keadaan tertekan, tubuh akan mengeluarkan hormon streoid yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tanda-tanda di telapak tangan orang yang mengalami stres adalah terdapat urat-urat biru atau hijau di pergelangan tangan, telapak tangan dan di sepanjang jari-jari. Serta terlihat jelas di betis kaki.

7.    Kekurangan Vitamin
Noda putih yang muncul di ujung jari menunjukan kekurangan zat seng. Seng penting untuk menjaga sistem kekebalan. Sumber makan mengandung seng antara lain susu, tiram, ayam, biri-biri, semua jenis biji-bijian, kacang dan sayuran berdaun hijau.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas SolusiHidup